Monday, November 3, 2008

Kupinjamkan Telingaku Demi Hanamasa

Hari ini seorang sahabat laki-laki berhasil menculikku dengan halus.
Temanya adalah buka bersama demi sebuah curhatan tentang patah hati.

Sahabat : Jeng, ketemuan yuk. Saya ke rumah ya?
Saya : Ada apa?
Sahabat : Ada yang mau diceritain. Nerusin curhat yang semalem.
Saya : Oh. Ayo aja lah. Sekalian buka di luar?
Sahabat : Boleh
Saya : Dimana?
Sahabat : You pick the place
Saya : Hanamasa?
Sahabat : Oke
Saya : (dalam hati) horee ditraktir!!

Siang ini udara panas. Dapur pun panas. Menghabiskan beberapa saat di depan kompor dan oven untuk membuatkan spaghetti, macaroni, dan garlic bread khusus pesenan ayah, rupanya sudah membuat badan ini cukup lemas.
Gak terasa hari semakin sore, tapi badan ini masih lemas juga. Sampai si sahabat menjemputku dengan motornya, dan dengan lunglai aku naik ke itu motor. Males banget harus keluar rumah. Bener-bener lagi gak mood untuk dengerin curhatan orang. Tapi demi hanamasa gratis, kusediakan telingaku bagimu sahabatku .

Sampai di suatu mol (OMG...si lala ke mol?!?!), kami sempet ngabuburit sekitar 15 menit di Gramedia, setelah sebelumnya sempet beli 2 botol pocari sweat untuk ngebatalin puasa. Adzan berteriak-teriak melalui speaker gramedia. Kami berdua memperkosa botol pocari sweat dengan rakus sambil mencari-cari musholla untuk magrib-an dulu.

Buka sudah, magrib pun sudah. Tinggal perut ini yang dibuat senang. Hanamasa sudah melambai-lambai dari kejauhan.
Ups..ternyata masih penuh. Kami kebagian nomor antri ke-14. Ini betul-betul antri namanya. Sambil menunggu antrian selama 3/4 jam, sahabatku itu sempet mencoba curcol (curhat colongan) beberapa kali, yang--dengan kejamnya--hanya kutanggapi sekadarnya.
Baru setelah meja didapatkan, shabu-shabu dan yakiniku di depan mata, curhatnya mulai kudengarkan dengan riang gembira.

Curhat ini adalah curhat yang panjang, karena baru jam 9-an kami akhirnya cabut dari situ.
Perut udah kenyang walaupun curhat belum juga selesai. Sudah mondar-mandir sering sekali untuk isi ulang thai tea dingin dan ice lemon tea. Tapi ternyata curhatnya memang belum juga digenapi. Jam setengah sembilan, aku masih mencoba bertahan, karena sekali lagi....kupinjamkan telingaku ini demi makan di hanamasa, sahabatku.

Dan datanglah waktu untuk transaksi pembayaran.
Saya : Saya gak bawa uang cash, jadi pake kartu saya aja dulu ya?
Sahabat : Gak usah..saya ada uang cash kok
Saya : Iya, nanti saya ganti yang bagian saya
sahabat : (senyum2 aja)

Sesudah pembayaran
Saya : ke BCA dulu yuk, ambil uang
Sahabat : yuk

Beberapa jenak kemudian
Saya : Nih, uang makanku tadi
Sahabat : Ah gak usah deh
Saya : (basa-basi) gapapa kok...aku ga enak sama kamu
Sahabat : Biar saya aja yang traktir
Saya : (tetep basa-basi) Jangan ah, saya gak enak
Sahabat : (senyum sambil ngambil itu uang)
Saya : (dalam hati) loh kok diambil sih uangnya?
Sahabat : yakin nih? Kalo udah masuk dompet gak bisa keluar lagi loh uangnya
Saya : (dengan hati yang mengkeret, gelisah) iyah..gak papah
Sahabat : (tetep senyum) ya udah, makasih ya. Lain kali saya traktir kamu deh
Saya : (dalam hati) yaaaaaaahhh....tau gitu mah tadi dengerin
curhatannya di warteg ajeee...


Pelajaran yang bisa ditarik: Gak usah pake gengsi-gengsian deh kalo di depan cowok....uuuh...sering banget kejadian gini terjadi karena kegedean gengsi.

-Dialami dan ditulis (lagi-lagi) saat Ramadhan 2009.

0 comments: