Wednesday, November 5, 2008

Hari ke-2 belajar nyetir

Total baru dua hari saya belajar nyetir. Bukan nyetir bajaj, apalagi nyetir pesawat. Cukup belajar nyetir mobil saja. Memang sangat memalukan, di usia saya yang sudah xx tahun ini, kok baru belajar nyetir. Bukan karena takut, sodara-sodara (sumpeh lu..masa nyetir aje takut?!?!), tapi karena males saja. Rasa-rasanya kok orang yang bisa mereka nyetir mobil juga cool

Dipaksa-paksa, disindir-sindir, saya malah makin tebel kuping. Tapi belakangan ini keinginan untuk bisa nyetir tiba-tiba menggebu-gebu. Kasiaaan banget kalo liat mama kemana-mana harus nyetir sendiri. Apalagi kalau kami pergi berdua dan harus mama yang nyetir melulu, rasa-rasanya kok jadi anak yang gak tahu diuntung ya? Jadi merasa seperti pecundang saja.

So, sejak kemarin saya bulatkan tekad untuk mulai les nyetir di tempat kursus yang gak seberapa jaraknya dari rumah. Mumpung saya lagi bener-bener jadi pengangguran, sepertinya meluangkan waktu 10 hari saja tidak berat.

Hari pertama:
Belajarnya dimulai jam 10 pagi. Bersama saya, di dalam avanza silver itu, ada seorang guru yang sangat sabar; Pak Daris, dan seorang murid senior (satu hari lebih dulu belajar dari saya); Mas Wanda.
Kaget bukan main karena ternyata langsung belajar di jalan raya. Langsung disuruh ngejalanin mobil di jalan yang penuh mobil...wahaha...mabok bae' deh. Untunglah hari pertama ini berjalan cukup baik, gak terlalu malu-maluin lah paling nggak. Hanya saja merasa super-kagok-banget-sehingga-nyetirnya-ngaco kalo udah masuk ke jalanan yang rame. Selain dibawa ke jalan raya, rupanya tema utama hari ini adalah belajar belokin dan puterin mobil. Jadi Pak Daris membawa kami ke jalanan sepi yang banyak belokannya. Jalan dikit, belok, jalan dikit belok muter...gitu aja melulu.
Evaluasi: 1). Stir mobil pengennya diarahin ke kiriii melulu, lantaran jiper ngeliat mobil dan motor yang seliweran dari sebelah kanan, apalagi spion kiri adalah salah satu bagian mobil yang suka kelupaan ditengok. 2). Belom bisa maen perasaan waktu injek gas, kadang terlalu hot nginjeknya sehingga dikatain tukang ngebut sama gurunya, dan kadang malah jalannya kayak siput lantaran gasnya bukan diinjek tapi 'dibelai' (takut dibilang tukang ngebut). 3). bingung kalo udah harus belok di jalan raya; lupa sama lampu sen, lupa ngebelokin mobil, bingung harus ngegas ato ngerem ato injek kopling.
Tapi kayaknya gayaku pas nyetir oke juga.. Memang....style is number one..hehehe.

Hari kedua:
Awalnya parah banget nyetirnya. Kesalahan-kesalahan di hari pertama ada semua di hari kedua. Mana hujan lagi, jadi gak nyaman banget ngeliat ke jalannya. Tema hari ini adalah belajar melewati polisi tidur. Jadi sesudah Pak Daris puas menyiksa kami di jalan raya , kami pergi ke daerah yang isinya polisi tidur melulu. Itu looh, di daerah senayan bintaro masih ke sanaan lagi, sesudah global jaya itu loooh, yang jalannya mulus dan lebaaar tapi jeglak-jegluk melulu. Awalnya bloon banget. Tapi lama-lama, setelah melalui waktu yang serasa seperti 5 tahun, agak sedikit tidak terlalu oon lagi mrgreen.
Evaluasi: 1). kesalahan-kesalahan di hari pertama masih sering dilakukan. 2).kalo pas ada polisi tidur, suka belom pas memperhitungkan kapan harus injek rem dan lepas rem, atau kapan perlu injek kopling atau enggak, dan saking lembutnya menekan gas (takut dibilang suka ngebut), mobilnya suka gak jalan...hehehe...
Sempet stressed out sebentar saat tadi baru keluar dari tempat les untuk nyetir di jalan raya dalam keadaan hujan deras (saya sadar banget kalo posisi tubuh saya tegak setegak-tegaknya dengan jari-jari tangan yang mencengkeram erat stir). Walau demikian, teuteup doong...gayanya mah cool.

Mudah-mudahan hari ke-3 besok lebih baik lagi.
Harus latihan sendiri dulu ah pagi-pagi besok.

5 comments:

Anonymous November 6, 2008 at 9:38 PM  

kyaaaaa... semoga berhasiiill..

aku belajar nyetir waktu itu sama nadya.. (aku kelas 3 smp, dia kelas 2 smp).. tapi emang gak bakat, si nadyanya udah kemana.. eike-nya kemana.. ah, memang lebih enak jadi penumpang.. bisa tidur pula *pembenaran hehehe*

coba aku tebak, sekolah stir mobil-nya yg di bintaro bukan? yg deket2 bp? pokoknya lokasinya antara stan sama bp deh.. *aduh aku lupa namanya*

klo iya disitu,, selamat! alumni disitu adalah aku, nadya, risa, dan mbak upi hehehehehehhehe

Senandung Bidari November 7, 2008 at 5:23 PM  

ih Riana..sayang bener kan kalo hasil belajarmu gak dipake? Sepulangnya dari "sonoh" mari kita nyetir mobil di sini ya ri. Mantab banget loh belajar nyetir di jalanan macet yang nanjak...hihi.

Eh bukaan..aku bukan les di situ. Aku ambil Pancasari, tempat lesnya dita dulu. Lokasinya di deket mitra 10 (pd Betung).

Uuuh ternyata seru juga ya belajar mobil. Emang siih, adrenalinnya gak terpacu sama sekali, tapi kan ngerasa gagah aja..apalagi ngebayangin someday bisa bawa landrover..wihiii!!! (asal jangan disuruh ngedorong landrover lagi aja)

Anonymous November 9, 2008 at 12:57 AM  

kalo mobilnya kang ali yg dulu pernah aku naikin (wkt dianter pulang ke kosan d bdg tea) mobil apa? bawa itu tah, mantaaappppp!!!

Senandung Bidari November 18, 2008 at 10:56 AM  

Sayangnya Si Leni (Landrover yg kamu naekin dulu itu) uda dijual.... :(
Jadi g bisa petantang-petenteng nyetir landrover deh...

Pilihan Keluarga December 20, 2015 at 7:14 AM  

Hihihih seru juga.. Aku lagi kepengen mobil nissan, tapi mendingan belajar dulu aja deh :D